Tips Menekan Pengeluaran Saat Travelling di Eropa - 2


Seperti yang saya paparkan di postingan sebelumnya, penginapan berada pada list no ke #2 sebagai penguras budget setelah #1 transportasi. Tapi tenang saja, segala sesuatu bisa disiasati. Itulah mengapa, melakukan riset sebelum jalan-jalan sangat penting.

Dan pastikan juga anda selalu membawa notebook kecil saat melakukan perjalanan. Saya tahu ini zaman modern tapi tetap saja fungsi notebook tidak bisa dikalahkan oleh teknologi terbaru. Karena bisa saja hp atau tablet anda kehabisan batrai saat ditengah perjalanan. Lalu anda mau bertumpu pada apa?

Berikut cara mensiasati penginapan agar bisa lebih murah atau bahkan bisa gratis:



  1. Jaringan Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri
Bagi yang bersekolah di luar negeri mungkin sudah akrab dengan yang namanya PPI(Perhimpunan Pelajar Indonesia). Nah, tidak ada salahnya jika anda melakukan sedikit riset tentang keberadaan PPI di kota yang anda akan kunjungi. Syukur-syukur jika di respon pada saat menghubungi teman-teman PPI disana. Jangan berharap terlalu besar. Anggap saja menjalin silaturahmi. Kalau tidak dapat penginapan setidaknya dapat teman yang bisa menemani berkeliling di kota tersebut.

Pahami juga bahwa tidak semua teman PPI memiliki tempat tinggal pribadi. Banyak dari mereka yang tinggal di asrama. Dan kalaupun ada yang tinggal di studio, kemungkinan besar mereka share dengan orang lain. Jadi mungkin akan sulit mendapatkan tumpangan dari mereka. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba!!


  1. Jaringan couchsurfing dan jenis hospitality lainnya
Banyak traveler profesional yang menggunakan jasa ini. Tentang ke-safe-an itu tergantung ya. Setiap individu punya pengalaman masing-masing. Nah itu lah perlunya membaca dan mengecek profil orang yang akan ada tumpangi. Baca juga kolom referensi. Dengan banyaknya referensi positif inshaaAllah anda akan aman.

Kalau kedua opsi di atas tidak berhasil membantu anda, berarti anda mau tidak mau harus memilih penginapan yang berbayar:


  1. Airbnb
Airbnb adalah penginapan yang disediakan oleh warga yang berdomisili dikawasan tempat anda berkunjung. Jadi para penyedia penginapan bukanlah penyedia jasa penginapan profesional. Mereka hanyalah orang biasa yang ingin menyewakan kamar yang ada dirumahnya. Beberapa bahkan menyewakan sofa, apartemen dan lain-lain. Jika anda melakukan tour beramai-ramai, tidak ada salahnya mencoba opsi ini, atau pilihan lainnya guesthouse.



  1. Hostelworld.com
Dari semua website yang memediasi pembookingan hostel, saya lebih percaya dengan yang satu ini. Salah satu alannya karena hostelworld menyediakan rating untuk setiap hostel. Disana kita juga bisa membaca testimoni para pengujung sebelumnya. Artinya, kita akan lebih bisa berwanti-wanti tentang bentuk hostel tempat kita menginap.

Sekian tips untuk menekan pengeluaran saat travelling ke Eropa. Mungkin khusus untuk postingan yang sekarang bisa sifatnya universal ya, berlaku untuk semua negara ya. Pokoknya stay safe dan mari nge-trip!!

0 comments: