Ramadhan Tahun 2017

Marhaban ya ramadhan…

Alhamdulillah kita diberi kesempatan untuk kembali bertemu dengan bulan suci ramadhan. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Dan juga, semoga semangat kita untuk beribadah diawal bulan ramadhan ini konsisten hingga akhir bulan, bahkan hingga sepanjang tahun. Amin…

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ramadhan yang biasanya bertepatan dengan libur musim panas di Turki, kali ini, ramadhan jatuh pada bulan Mei. Hal ini menyebabkan sedikit kesulitan bagi beberapa mahasiswa. Belum lagi karena ramadhan kali ini bertepatan dengan dimulainya Ujian Akhir Semester. Jadi, mereka harus membagi fokus antara jadwal ibadah khas puasa seperti tarawih, sahur, iftar, tadarus dan lain-lain dengan belajar mempersiapkan diri untuk ujian.  

Dalam hal bersamaan, ramadhan kali ini, sama seperti ramadhan sebelumnya, juga bertepatan dengan waktu musim panas.  Hal ini menyebabkan waktu siang akan lebih lama dari waktu malam. Sehingga umat Islam di Turki akan berpuasa lebih dari 17 jam. Imsak pada jam 03.57 dan iftar pada jam 20.33. Rintangan lain adalah cuaca musim panas yang sangat ekstrim. Untuk saat ini tempratur cuara sampai 30 derajat selsius.

Namun semoga saja ini tidak mengurangi keinginan kita untuk beribadah dengan khusuk.

Dan mengingat, kemungkinan besar ramadhan kali ini adalah ramadhan terakhir saya di Turki, saya tidak terlalu protes dengan rintangan-rintangan di atas. Saya ingin menikmati semua keindahan yang tersebar didalamnya. Antrian sahur di asrama dan menu sahur yang tidak akan pernah cukup untuk perut Indonesiaku. Dan lain-lain.

Sedihnya, ramadhan di Turki kali ini sangat berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Biasanya, setiap masuk bulan ramadhan saya akan berkumpul dengan Emen dan teman-teman yang lain, tinggal disatu rumah selama ramadhan. Sepertinya tahun kali ini tidak akan bisa direalisasikan.
Anyway, selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Dan bisa kembali fitrah saat idul fitri nanti J J





0 comments: