Yang dibutuhkan
oleh seorang pebisnis adalah kepercayaan diri dan keberanian. Tanpa kedua hal
itu maka ia belum pantas dikatakan sebagai pebisnis. Taruhan ketika berkomitmen
menjadi pebisnis adalah siap menerima kenyataan. Sekalipun kenyataan yang harus
dihadapi itu adalah bangkrut. Itu merupakah syarat utama untuk menjadi seorang
pebisnis.
Selanjutnya
seorang pebisnis juga harus memiliki insting yang kuat, mengerti selera pasar
dan bertekad penuh. Tidak boleh pasrah. "Jadi seorang pebisnis itu harus
siap bangkrut," bukan berarti pasrah. Tapi harus terus berusaha sekuat
mungkin. Patahkan statement awal yang mengatakan bahwa kebangkrutan adalah
bagian dari dunia bisnis melalui usaha-usaha nyata menjadi "kebangkrutan
mungkin saja menghampiri para pebisnis tapi aku tak akan membiarkan itu terjadi
padaku. Aku akan berlari terus dan terus hingga bangkrut lelah
mengejarku."
Sebagai orang
yang memiliki ketertarikan di dunia bisnis saya prihatin dengan sistem bisnis
di Indonesia, terutama bisnis online. Mereka belum bekerja secara penuh untuk
memberikan pelayanan yang maksimal bagi pelanggan. Tidak tahu pasti apakah ini
masalah kepercayaan terhadapat kosumen yang kurang atau karena belum tersentuh
teknologi. Yang jelas fasilitas yang dimaksud belum ada.
Tulisan ini
berawal ketika beberapa bulan yang lalu saya mengujungi website belanja online
seperti damniloveindonesia.com dan
beberapa website lain. Sistem pembayaran yang ditawarkan oleh website itu cukup
terbelit-belit, membuat para konsumen berpikir dua kali untuk berbelanja. Belum ada sistem yang memfasilitasi para
pengguna creditcard. Apalagi mereka-mereka yang tidak tinggal di tanah air,
dengan sistem pembayaran yang mengharuskan untuk mentransfer uang melalui atm
terlebih dahulu, itu terlalu berbelit-belit.
Mengapa tidak
menggunakan sistem pembayaran pakai creditcard saja? Yang perlu dilakukan hanya
mengisi informasi kartu kredit: seperti nama pemilik, nomer kartu, tanggal dan
tahun berlakunya kartu, 3 angka terakhir kode keamanan yang biasanya
dicantumkan dibalik kartu.
Sistem pembayaran
seperti ini sudah sangat biasa di negara-negara maju. Bahkan di Turki untuk
perusahaan kecilpun sudah menggunakan sistem ini. Sabagai contoh, sistem
pembayaran seperti ini banyak diaplikasikan oleh perusahaan-perusahaan bisnis
online tingkat dunia seperti amazon.com, maskapai-maskapi penerbangan dan
lain-lain.
Sebagai
informasi, bisnis online yang ada di Turki semuanya menggunakan sistem ini.
Bahkan provider telepon genggam juga ikut memeriahkan kemajuan teknologi ini.
Untuk membeli pulsa disini tidak perlu berlelah-lelah pergi ke counter, cukup
buka website provider itu. Disana telah tersedia kolom untuk mengisi pulsa
dengan sistem pembayaran kartu kredit. Sistem belanja tradisional juga disini
menyediakan opsi pembayaran dengan kartu kredit, jadi tidak perlu risau kalau
tidak punya uang cash, bisa menggunakan kartu kredit saja.
Disaat liburan
musim panas sekarang ini, fasilitas seperti ini seharusnya sangat dibutuhkan
oleh masyarakat Indonesia yang tidak berkesempatan untuk pulang ke tanah air.
Mereka bisa membeli sesuatu secara online tanpa harus merepotkan teman yang
akan dititipi secara berlebihan. Atau bahkan akan sangat lebih baik jika
perusahaan bisnis online tersebut dapat memberikan pelayanan secara
international.
Awalnya saya
ingin membeli kaos-kaos yang bertemakan Indonesia tapi disaat yang sama saya
juga tidak ingin merepotkan teman Indonesia yang akan dititipi. Pikir saya,
alangkah baiknya jika saya beli online dengan mencantumkan alamat teman saya
itu sehingga ia tidak perlu bersusah-susah pergi kepasar. Cukup menunggu
pesanan saya dan menaruhnya didalam bagasinya. Nihil, pebisnis online yang
menyediakan barang yang saya inginkan belum menyediakan fasilitas itu sehingga
niat awal membeli kaos bertemakan Indonesia harus ditutup rapat.
Harapan saya
kedepannya, semoga para pebisnis online lebih memanjakan konsumernya dengan
cara-cara yang lebih mudah. Dengan demikian, secara tidak langsung, ia telah
membantu diri sendiri untuk meningkatkan jumlah konsumer. Belanja itu mudah,
kenapa harus memilih yang ribet?
Contoh
pembayaran produk-produk bisnis online perusahaan Indonesia
Metode pembayaran
produk bisnis online damniloveindonesia bisa di check disini : http://www.damniloveindonesia.com/howtoorder.php
Metode pembayaran
produk bisnis online distro KDRI bisa di check disini :
Contoh
pembayaran produk-produk bisnis online di Turki dan
pembelian pulsa online dengan sistem pembayaran kartu kredit yang super mudah |
Terimakasih
Adhari
Mahasiswa S1 Sastra Inggris, Turki.
0 comments:
Post a Comment