SARAN BUAT PEMBISNIS DI INDONESIA


Yang dibutuhkan oleh seorang pebisnis adalah kepercayaan diri dan keberanian. Tanpa kedua hal itu maka ia belum pantas dikatakan sebagai pebisnis. Taruhan ketika berkomitmen menjadi pebisnis adalah siap menerima kenyataan. Sekalipun kenyataan yang harus dihadapi itu adalah bangkrut. Itu merupakah syarat utama untuk menjadi seorang pebisnis.

Selanjutnya seorang pebisnis juga harus memiliki insting yang kuat, mengerti selera pasar dan bertekad penuh. Tidak boleh pasrah. "Jadi seorang pebisnis itu harus siap bangkrut," bukan berarti pasrah. Tapi harus terus berusaha sekuat mungkin. Patahkan statement awal yang mengatakan bahwa kebangkrutan adalah bagian dari dunia bisnis melalui usaha-usaha nyata menjadi "kebangkrutan mungkin saja menghampiri para pebisnis tapi aku tak akan membiarkan itu terjadi padaku. Aku akan berlari terus dan terus hingga bangkrut lelah mengejarku."

Sebagai orang yang memiliki ketertarikan di dunia bisnis saya prihatin dengan sistem bisnis di Indonesia, terutama bisnis online. Mereka belum bekerja secara penuh untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi pelanggan. Tidak tahu pasti apakah ini masalah kepercayaan terhadapat kosumen yang kurang atau karena belum tersentuh teknologi. Yang jelas fasilitas yang dimaksud belum ada.

Tulisan ini berawal ketika beberapa bulan yang lalu saya mengujungi website belanja online seperti damniloveindonesia.com dan beberapa website lain. Sistem pembayaran yang ditawarkan oleh website itu cukup terbelit-belit, membuat para konsumen berpikir dua kali untuk berbelanja.  Belum ada sistem yang memfasilitasi para pengguna creditcard. Apalagi mereka-mereka yang tidak tinggal di tanah air, dengan sistem pembayaran yang mengharuskan untuk mentransfer uang melalui atm terlebih dahulu, itu terlalu berbelit-belit.

Mengapa tidak menggunakan sistem pembayaran pakai creditcard saja? Yang perlu dilakukan hanya mengisi informasi kartu kredit: seperti nama pemilik, nomer kartu, tanggal dan tahun berlakunya kartu, 3 angka terakhir kode keamanan yang biasanya dicantumkan dibalik kartu.

Sistem pembayaran seperti ini sudah sangat biasa di negara-negara maju. Bahkan di Turki untuk perusahaan kecilpun sudah menggunakan sistem ini. Sabagai contoh, sistem pembayaran seperti ini banyak diaplikasikan oleh perusahaan-perusahaan bisnis online tingkat dunia seperti amazon.com, maskapai-maskapi penerbangan dan lain-lain.

Sebagai informasi, bisnis online yang ada di Turki semuanya menggunakan sistem ini. Bahkan provider telepon genggam juga ikut memeriahkan kemajuan teknologi ini. Untuk membeli pulsa disini tidak perlu berlelah-lelah pergi ke counter, cukup buka website provider itu. Disana telah tersedia kolom untuk mengisi pulsa dengan sistem pembayaran kartu kredit. Sistem belanja tradisional juga disini menyediakan opsi pembayaran dengan kartu kredit, jadi tidak perlu risau kalau tidak punya uang cash, bisa menggunakan kartu kredit saja.

Disaat liburan musim panas sekarang ini, fasilitas seperti ini seharusnya sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia yang tidak berkesempatan untuk pulang ke tanah air. Mereka bisa membeli sesuatu secara online tanpa harus merepotkan teman yang akan dititipi secara berlebihan. Atau bahkan akan sangat lebih baik jika perusahaan bisnis online tersebut dapat memberikan pelayanan secara international.

Awalnya saya ingin membeli kaos-kaos yang bertemakan Indonesia tapi disaat yang sama saya juga tidak ingin merepotkan teman Indonesia yang akan dititipi. Pikir saya, alangkah baiknya jika saya beli online dengan mencantumkan alamat teman saya itu sehingga ia tidak perlu bersusah-susah pergi kepasar. Cukup menunggu pesanan saya dan menaruhnya didalam bagasinya. Nihil, pebisnis online yang menyediakan barang yang saya inginkan belum menyediakan fasilitas itu sehingga niat awal membeli kaos bertemakan Indonesia harus ditutup rapat.

Harapan saya kedepannya, semoga para pebisnis online lebih memanjakan konsumernya dengan cara-cara yang lebih mudah. Dengan demikian, secara tidak langsung, ia telah membantu diri sendiri untuk meningkatkan jumlah konsumer. Belanja itu mudah, kenapa harus memilih yang ribet?

Contoh pembayaran produk-produk bisnis online perusahaan Indonesia
Metode pembayaran produk bisnis online damniloveindonesia bisa di check disini : http://www.damniloveindonesia.com/howtoorder.php

Metode pembayaran produk bisnis online distro KDRI bisa di check disini :

Contoh pembayaran produk-produk bisnis online di Turki dan

pembelian pulsa online dengan sistem pembayaran kartu kredit yang super mudah


Terimakasih


Adhari
Mahasiswa S1 Sastra Inggris, Turki.

0 comments: