TIPS BERBELANJA MURAH DI TURKI

-Edisi Panduan Berbelanja di Turki dengan Sistem Budgeting ala Anak Kuliahan-


Add capt

Ini sudah menjadi rahasia umum bagi mahasiswa Indonesia di Turki, bahwa satu-satunya department store yang ramah dompet adalah LC Waikiki. Selain harga yang ditawarkan relatif murah, produk LC Waikiki juga memiliki kwalitas yang tak kalah bagus dibanding brand yang lain yang memiliki variatif harga yang sangat jauh. Kendatipun memiliki harga yang murah, LC Waikiki tetap memiliki selera fashion yang tinggi.

 Apa lagi yang dicari selain murah, berkwalitas dan memiliki selera fashion? Sangat memenuhi kretiria pembeli, bukan! Benar saja. Ini juga lah yang membuat produk LC Waiki menjadi idaman warga Turki. Wajarlah jika nanti anda sering bertemu kembaran ditempat umum. :D

Dibawah ini saya telah merangkum beberapa tips untuk mendapatkan harga yang lebih murah dari yang lebih murah, adakah? Tentu saja.

1.Gunakan Kartu Kredit
Salah satu keuntungan bagi para konsumen di Turki adalah adanya kartu kredit dengan sistem non-berbungan alias tanpa bunga sama sekali. Bagi para mahasiswa asing jangat takut, adalah Is Bankasi yang sangat membantu. Satu-satunya bank di Turki yang memperbolehkan mahasiswa asing untuk memiliki kartu kredit walaupun limit yang diberikan tidak terlalu banyak. Hanya 500TL, cukup bukan? Untuk keperluan mahasiswa.

Walaupun tidak memiliki bunga, bukan berarti tidak ada denda. Denda akan dikenakan jika pembayaran telat dari batas waktu yang ditentukan.

Keuntungan yang lain adalah, ketika berbelanja, pembeli dapat memilih cara pembayaran sesuai keinginan yaitu bayar Taksit ataukah Pesin. Taksit atau kredit alias bayar cicilan dan Pesin adalah bayar tunai. Kenapa untung? Karena bayar cicilan disini juga tidak berbunga hanya saja harga yang ditentukan sedikit lebih mahal dari harga tunai. Perbedaan harganya juga tidak mencolok, hanya lebih mahal 2TL atau tidak lebih dari 5TL dari harga awal.

Selain itu pembayaran hutang  di kartu kredit juga ada keringanan lain. Nasabah diperbolehkan memilih cara pembayaran sesuai kemampuan. Kalau tidak memiliki uang sebanyak jumlah hutang, nasabah boleh memilih cara pembayaran lain seperti Asgari Turar atau sekitar 25% dari seluruh jumlah hutang atau juga bayar sesuai uang yang dimiliki. Namun untuk pilihan yang satu ini nasabah dikenakan bunga, sekitar 4 TL perbulan.

2.Belanja di Depo
Beberapa hari yang lalu saya bersama teman saya, Sukma Adi Perdana, sedang iseng pergi mengunjungi Depo LC Waikiki yang kebetulan juga berdekatan dengan Depo Defacto cabang Izmir. Definisi depo untuk kedua brand ini cukup memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Ini bisa dilihat dari bentuk fisik yang ditemui dilapangan.

Untuk Defacto sendiri difinisi depo adalah gudang. Dapat dilihat bahwa barang-barang yang dijajalkan disana cukup tidak terawat dan kwalitas-nya juga persis seperti yang dibicarakan: bahwa barang-barang yang ada disana adalah barang yang tidak lewat kepasaran. Meskipun demikian berbicara harga maka tempat ini layak dikunjungi. Gambarannya adalah anda bisa mendapatkan baju kaos hanya dengan harga 5TL dan celana Chino dengan harga 15TL. Untuk celana sendiri, kwalitasnya masih sama dengan yang ditoko jadi jangan ragu untuk membeli.

Sedangkan LC Waikiki memiliki penawaran yang cukup menarik, dari segi bangunan juga tidak memiliki perbedaan dengan toko-tokonya yang lainn, yang menyebar diseluruh Turki. Lengkap dengan kekhasan parfum ruangan yang tak pernah ketinggalan. Letak bangunan Depo-nya persis diseberang jalan Defacto, hanya perlu menyeberang jalan.

Menariknya lagi, Depo milik LC Waikiki ini tidak sedikitpun terlihat seperti tempat barang-barang yang tidak layak dipasarkan, semuanya terlihat normal. Dan LC Waikiki juga tidak menyebutkan tempat ini sebagai depo tetapi outlet. Sekilas terlihat barang-barangnya seperti barang yang telah dipasarkan. Seperti kita ketahui bahwa Turki adalah negara empat musim, setiap musim punya jenis pakaian sendiri. Asumsi saya barang yang didagangkan di outlet ini adalah sisa barang-barang yang tidak habis dipasaran.

Outlet LC Waikiki cabang Izmir yang terletak di Gaziemiz ini juga sangan unique. Bagi anda yang memiliki ukurang tinggi badan dibawah rata-rata, jangan khawatir, karena Outlet ini juga menyediakan tempat pemotongan dan itu semua gratis. Hanya saja, kita harus menunggu selama satu jam kalau sedang ramai.

Selama jam menunggu itu anda bisa melakukan kegiatan-kegiatan lain seperti shalat, makan dan lain-lain. Karena tempat ini juga menyediakan fasilitas untuk semua itu. Termasuk juga tempat bermain anak-anak, bagi mereka yang sudah berkeluarga.

Kalau anda masih ingin melirik hal-hal lain, dilingkungan tempat ini juga tersedia outlet sepatu dengan berbagai merk, baju resmi, outlet Colin's, toko elektronik dan lain-lain.

Selamat berbelanja murah :)

Bagaimana menuju lokasi?
Untuk lebih mudah, disarankan menaiki Izban jalur Geziemir, turun distasiun Semt Garajı. Dan, anda telah sampai ke lokasi.

FYI
LC Waikiki didirikan di Prancis oleh George Amoual pada tahun 1985 namun sejak tahun 1997 kepemilikan saham LC Waikiki diambil alih oleh perusahan Turki LC Waikiki Mağazacılık Hizmetleri Ticaret A.Ş. yang berpusat di Istanbul, Turki.

Dari sisi prestasi LC Waikiki pernah menyambet gelar "Favorite Company in the Ready-to-Wear Industry" untuk seluruh Turki pada tahun 2013.  Sekarang ini LC Waikiki juga telah memiliki 477 cabang yang tersebar di 23 negara: di Timur Tengah, Eropa dan Asia Tengah.

Pemilik Saham :
  • Mustafa Küçük
  • Vahap Küçük
  • Halis Küçük
  • Åžefik Yılmaz Dizdar
  • Leyla Dizdar
  • AyÅŸe Pürlen Dizdar
  • Pamir Güçlü Dizdar
  • Georges Amouyal
  • Ä°smail Hakkı Kısacık
  • Yalçın ÇaÄŸlar
  • Murat Mısırlı
  • Muzaffer Mustafa İşçan
  • Muhammed Mazlum Yıldırım



Referensi :


0 comments: