Berwisata Arsitektur di Bukarest



Nama Romania tidaklah se-megah negara-negara Eropa lainnya. Namun demikian bukan berarti Romania tidak worth-visiting. Ada banyak hal yang bisa ditawarkan oleh Romania, sebut saja ibu kota Romania, Bukarest, atau nama lainnya "the little Paris." Untuk mengetahui alasan dibalik nama panggilannya ini, tentu kita harus mengunjungi Bukarest secara langsung - selanjutnya bisa menilai apakah sebutan itu layak dimiliki oleh Bukarest?

Setelah berkunjung ke Bukarest selama tiga hari, saya dengan otomatis meng-iyakan sebutan itu. Arsitektur Bukarest memang sangat bersinambung dengan nama yang ia sandang. Kalau anda merupakan pencinta arsitektur, tidak ada salahnya mengunjungi bukarest. Berikut adalah list bangunan yang akan membuat anda terpesona:

1. The Palace of Parliament (Gedung Parliament)

Gedung Parliament ini adalah gedung terbesar kedua didunia setelah Pentagon. Dan merupakan sebuah karya termegah Nicolae CeauÅŸescu, seorang diktator yang pernah menguasai Romania. Gedung ini di bangun di tahun 1984, belum tuntas hingga sekarang, memiliki sebanyat 3000 ruangan.

Jika anda berkunjung ke Bukarest, tidak ada salahnya mencoba untuk masuk kedalam gedung ini. Ada tour yang disediakan khusus berikut dengan guide. Bayarannya cukup bervariasi, untuk pelajar bisa membayar sebanyak 13 lei atau sekitar 44 ribu rupiah. Untuk turis umum, 25 lei atau sekitar 85 ribu rupiah. Jam berkunjung dibuka dari jam 10 pagi hingga jam 4 sore.

2. Romanian Athenaeum (Ateneul Român)

Romanian Athenaeum adalah sebuah gedung bertunjukan yang berlokasi tidak terlalu jauh dari Universitas Bukarest, tepatnya di jalan Franklin nr. 1-3, sector 1. Bahkan untuk menuju kesana, anda bisa mengikut arah samping kanan gedung universitas Bucharest - selanjutnya anda cukup berjalan lurus saja.

Gedung ini pertama kali dibuka di tahun 1988. Didesign oleh seorang arsitek Prancis, Albert Galleron. Dalam pembuatan gedung ini sempat terjadi penggalangan dana dari masyarakat, yang slogannya masih dikenal hingga saat ini "Donate one leu for the Ateneu!"

Didalam gedung, dibagian ruang lobby, ini anda akan di buat tercengang oleh betapa simetrisnya gedung ini dan betapa megah design yang dibuat. Terutama ketika anda masuk ke ruangan pertunjukkan anda akan melihat lukisan indah menggambarkan raja-raja Romania, seperti Carol ke 1 dan lainnya.

3. Cărtureşti Carusel


Cărtureşti Carusel sebuah bangunan tua dari abad ke 19 yang di transformasikan menjadi sebuah toko buku megah. Dengan keunikan bangunannya, Cărtureşti Carusel mampu membuatmu merasa seolah-olah sedang berada didunia dongeng.
Toko buku ini terdiri dari 6 lantai, lantai atas bangunan ini dijadikan sebuah cafe dimana pengunjung bisa bercengkrama berduduk santai sambil menyicip minuman. Lantai lima kebawag didedikasikan untuk kolekasi buku-buku dan souvenir, tidak ketinggalan juga koleksi CD film maupun musik.

Tentu tiga list diatas hanya sedikit dari bangunan megah yang dimiliki oleh Bukarest. Ada banyak bangunan lain lagi yang bisa menghipnotis anda. Untuk menememukan kemegahan itu tentu anda harus mengunjungi Bukarest secara langsung.

0 comments: