Beasiswa Penuh Pemerintah Turki (Turkiye Burslari)


Akhir-akhir ini saya sering sekali ditanyai tentang beasiswa pemerintah Turki. Namun karena saya bukan awardee beasiswa penuh pemerintah Turki, saya pun dengan terpaksa akhirnya harus mengatakan "maaf saya bukan anak beasiswa pemerintah Turki." Saya ingin sekali membantu tapi dari pada saya ngasih informasi yang salah akhirnya saya memutuskan untuk mengarahkan mereka ke teman lain yang kebetulan penerima beasiswa Turki penuh.

  1. Beasiswa Destek/Basarili Bursu

email konfirmasi bahwa saya lulus seleksi beasiswa destek/basarili bursu
Sebenarnya saya pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Turki di tahun 2014-2015, tapi bukan yang secara penuh melainkan beasiswa yang berlangsung hanya setahun. Nama beasiswanya Turkiye Burslari Destek/Basarili Bursu. Bedanya beasiswa ini dengan beasiwa YTB, beasiswa ini tidak mengcover asrama, asuransi dan biaya SPP (hal-hal yang umumnya di cover oleh beasiswa penuh pemerintah Turki.) Beasiswa ini hanya memberi uang bulanan sekitar 400TL perbulan untuk S1, 500TL untuk S2 dan 600TL untuk S3. Beasiswa ini diperuntukkan kepada mahasiswa-masiswa asing yang sudah berkuliah di Turki dengan biaya pribadi.

Jadi, kalau ada pertanyaan seperti apakah saya kuliah di Turki dengan beasiswa? Jawabannya antara iya dan tidak. Iya, karena memang selama saya di Turki saya sempat menerima beasiswa dari berbagai organisasi dan institusi seperti Pemerintah Turki dan Uni Eropa. Dan tidak, karena status beasiswa saya bukan beasiswa penuh. Jadi kalau semester ini saya dapat beasiswa, misalkan - semester depan belum tentu. Tergantung apakah saya bisa menemukan funder-nya atau apakah aplikasi saya diterima.

Kembali lagi kebeasiswa Destek/Basarili bursu, untuk persyartatannya adalah sebagai berikut:
  1. Terdaftar di salah satu universitas Turki dibuktikan dengan ogrenci belgesi atau surat keterangan mahasiswa yang diambil dari kemahasiswaan kampus. Harus ditandatangani.
  2. Berhasil secara akademis. Dibuktikan dengan transkrip nilai. Untuk destek bursu IPK min 2.5 dan untuk basarili bursu IPK min 3.5
(artinya, untuk mendaftar beasiswa ini, kamu harus sudah berkuliah min 2 semester)
  1. Persyaratan normal seperti dokumen (paspoor, ikamet, dll)
  2. Mengisi pertanyaan umum beasiswa seperti, mengapa memilih Turki, mengapa memilih jurusan itu, apa rencana setelah lulus dll)
  3. Mendaftar secara online di turkiyeburslari.gov.tr

Nah, untuk tanggal pendaftaran biasanya dibuka dibulan oktober setiap tahunnya. Untuk kepastiannya ikuti saja website resmi beasiswa Turki.

Jika lolos, pihak panitia akan menghubungi secara langsung melalui email untuk follow up. Untuk proses selanjutnya adalah mengirim semua dokumen resmi melaui pos ke alamat pemberi beasiswa di Ankara.

Selang sebulan setelahnya, panitia akan mengirim no rekening bank vakif atas nama penerima beasiswa. Selanjutnya kamu bisa mengunjungi kantor bank vakif terdekat dan meminta untuk dibuatkan ATM dengan nomor rekening yang sudah diberikan. Beasiswa pun akan dikirim setiap bulannya kedalam rekening itu. Karena biasanya beasiswa cair di Januari, sedangkan beasiswa dimulai dari bulan September, siap-siap saja menjadi mendadak kaya HAHA. Karena dikali pertama beasiswa langsung di rapel dari bulan sembilan hingga bulan satu.

Buat teman-teman yang sudah di Turki dan kuliah dengan biaya pribadi silahkan mencoba beasiswa ini. Walaupun jumlahnya tidak besar, cukup lah untuk membantu meringankan beban orangtua. Selamat mencoba beasiswa Destek/Basarili semoga sukses :) 

  1. Beasiswa Penuh Pemerintah Turki
bentuk depan website beasiswa pemerintah Turki tahun 2012-2014


Sekarang saya akan membahas beasiswa yang sesungguhnya, yaitu beasiswa penuh yang disediakan oleh pemerintah Turki. Tapi seperti yang saya katakan sebelumnya, saya bukan penerima beasiswa ini jadi saya tidak tahu secara detail.

Untungnya saya punya teman yang sudah mendokumentasikan pengalamannya saat mendaftarkan beasiswa ini. Jadi saya pikir untuk apa saya riset dan menulis ulang hal yang sudah ditulis dengan sempurna. Untuk itu saya hanya akan memberikan linknya dibawah ini:

  1. Informasi umum
Link:

Didalam link ini kamu bisa mendapatkan informasi tentang:
-Apa Turkiye Burslari dan apa saja yang di cover oleh beasiswa ini
-Tentang prosedur beasiswa ini
-Tentang dokumen yang diperlukan

  1. Pengalaman Wawancara Beasiswa Turki
Link:

Didalam link ini kamu akan mendapatkan informasi tentang:
-apa saja yang perlu dipersiapan saat wawancara
-tips untuk sukses saat wawancara

  1. FAQ (frequently asked questions) Beasiswa Turki
Link:

Didalam link ini kamu akan mendapatkan informasi tentang:
-pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanya oleh teman-teman yang berniat untuk mendaftar beasiswa Turki.

Saran saya untuk para pemburu beasiswa, jangan tanya hal-hal kecil yang sudah pasti jawabannya karena kasian juga teman-teman kalau harus menjawab hal yang sama setiap hari. Kalau perlu google dulu pertanyaan yang akan kalian sampaikan, siapa tahu informasinya sudah tersedia di google. Hal ini berlaku untuk umum, baik kepada panitia maupun kepada para senior yang berpengalaman tentang beasiswa ini. Saya jamin kalau kalian bertanya tentang hal-hal konyol, mereka nggak akan menjawab.

Jadi sekarang kalau kalian butuh informasi tentang beasiswa Turki, sudah tau kan linknya. Jangan lupa buat baca ya. Kalau setelah baca masih juga ada yang menjanggal, silahkan deh tanya kesaya. Nanti kalau saya nggak tau juga, saya akan tanya keteman yang mendapatakan beasiswa.

Selamat mencoba semoga sukses. Dan sampai jumpa di Turki :)

0 comments: