Cara Memperbaiki Leptop Mati Tiba-tiba





Sudah hampir sebulan leptop saya gak saya pake. Alasannya memang gak bisa di pake. Masih bisa nyala, tapi setelah digunain sekitar 15 menitan tiba-tiba hitam – mati.  Bukan shut down normal, tapi mati yang bener-bener hitam. Kayak pas habis batre. Kalau yang mati karena habis batre, pas di hidupin lagi kan semua kegiatan sebelumnya masih ada. Misalkan pas masih hidup kita lagi menggunakan ms. Word, pas dihidupin lagi tulisan kita masih ada. Kalau yang ini matinya langsung hitam. Dan pas hidup semua kegiatan sebelumnya langsung hilang. Nah, kalau kasus kalian sama seperti kasus leptop saya, tenang saja, saya akan berbagi pengalaman cara memperbaiki lepto dengan kasus diatas.

PENYEBAB

Setelah kejadian ini saya langsung googling, dan dari semua website rata-rata mendiagnosis bahwa leptop saya pasti overheat. Saya coba hidupin leptopnya lagi, tapi ternyata bukan. Gak ada panas dimana-mana. Terus diagnosis kedua, mungkin karena leptopnya kotor jadi udara kipas anginnya gak keluar. Saya sampe bongkar leptopnya buat mastiin kalau ini leptop gak kotor. Bukan juga. Jadi apa dong penyebab leptop saya mati tiba-tiba? Ketiga, karena baru-baru ini saya upgrade RAM, saya piker apa mungkin ya RAM nya bermasalah. Lagi-lagi saya bongkar leptopnya dan cek RAM. Ternyata RAM-nya aman-aman saja. Tidak masalah. Saya jadi pasrah. Pas lagi ada deadline buat ngumpulin graduation paper lagi. Akhirnya selama dua sebulan lebih saya gak pake leptop. Saya selalu lari ke perpur buat ngerjain tugas. Tapi ya itu, di perpus suka rame yang pake computer. Sampe-sampe saya harus ngantri buat make computer aja.

Akhirnya kemarin setelah selesai final saya mutusin untuk bawa leptopnya ke tempat servis. Kebetulan teman saya Alvi tau tempat servis di kota Manisa. Katanya leptopnya juga pernah bermasalah. Kalau gak salah dia cerita leptopnya ketumpahan coca-cola, jadi dia minta si tukang servis buat bersihin bagian dalam leptopnya biar bagian dalamnya gak berkarat. Ngomong-ngomong bersihin bagian dalam computer, saya jadi ingat pengalaman saya ditahun 2012. Masa-masanya nunggu visa :D :D Anyway, waktu itu saya stay di Depok hamper tiga bulanan. Tiba-tiba leptop saya mati kayak sekarang. Setelah googling akhirnya saya nemu acer servis center di Mangga dua. Saya gak tau Jakarta dong. Saya kan bukan anak Jakarta. Tapi bekal nekad dan hape yang ada google maps-nya saya pun naik kereta ke mangga dua. Setelah muter-muter akhirnya ketemu juga acer center. Saya masih bisa visualisasi, tapi untuk ngasih tau letak pastinya bingung. Pokoknya disitu deh. Jaduh dari mangga dua tempat perbelanjaan pokoknya. Ada perempatan, terus ada mal gede disampingnya. Disitu tuh, acer centernya. Leptop saya tinggalin disana, setelah dua hari saya di telpon, dan katanya motherboardnya rusak.Kalau saya mau ganti bayar 800.000,-. Setelah mikir-mikir daripada ganti motherboard saya mending beli baru. Akhirnya saya ambil. Saya tetap diminta bayar biaya servis kalau gak salah waktu itu 85.000an. Setelah saya bawa pulang tiba-tiba leptopnya jalan. Sampe hari ini. Eh, sampe desember lalu ding. Kan rusak lagi. Saya yakin waktu itu bukan motherboardnya yang rusak, tapi overheating aja yang disebabin oleh banyaknya debu yang numpuk dibagian dalam leptop. Buktinya pas dibersihin hidup lagi. (Oya biaya 85rb itu, biaya pembersihan bagian dalam leptop.) Jadi setelah mikirin kejadian ini, saya kira mungkin aja kali ini kasusnya sama juga. Semoga pas bagian dalamnya dibersihin bisa hidup lagi.

Leptop saya bawa ke Mehtap Bilgisar Manisa. Saya cerita ini itu. Terus kata tukang servisnya leptopnya bisa ditinggalin disana. Nanti sore kami tutup jam 7.30, sebelum jam itu nanti kami kabarin. Diluar lagi hujan, jam masih jam 2 saya bingung mau kemana. Tapi balik ke asrama juga malas. Terlalu jauh. Harus naik bus lagi. Saya mutusin untuk jalan-jalan ke kota, masuk took-toko Cuma buat killing times.

Jam 3.40 an saya ditelpon. Kata tukang servisnya masalahnya ada di thermal paste dan internal fan. Termal pastanya dua-duanya kering, jadi mereka udah ngisi ulang. Baru tau kalau fungsi termal pasta itu kaya oli di motor atau mobil. Kalau leptop udah terlalu lama dipake, boleh tuh termal pastanya dicek, siapa tau aja kering. Kayak punya saya nih udah hampir 6 tahun leptopnya gak cek-cek, akhirnya kejadiannya gini deh. Nah, Karena termal pastanya kering ini berpengaruh ke internal fan-nya. Kan letak termal pastenya dibawah fan. Jadi pas kotak termal pastenya kering, ini menyebabkan fan-nya rusak. Dinamo internal fan saya juga sampe rusak. Jadi mungkin mereka saling behubungan. Intinya setelah di cek, saya harus ganti termal paste sama fan-nya. Totalnya saya di charge 75TL atau sekitar Rp. 300.000. So, kalau leptop kalian mati tiba-tiba, mungkin aja permasalahannya ada di fan sama termal pasta. Coba cek, pas di hidupin ada bunyi ribut gitu gak? Kalau gak berarti kipas angin dalamnya gak berfungsi. Dan ini menyebabkan leptonya mati tiba-tiba.  


0 comments: