PENGALAMAN KERJA DI TURKI





Akhirnya hari yang dinanti-nantikan pun tiba: LIBURAN AKHIR SEMESTER! Hayo sudah pada cek transkrip nilai semester ini belom? Semoga nilainya memuaskan ya.

Dipostingan kali ini saya mau memabahas tentang pengalaman bekerja di Turki. Kebetulan sudah hampir 2 bulan saya bekerja part-time (sabtu-minggu) di salah satu intitusi bahasa di kota tempat saya tinggal, Manisa. Nama institusi tersebut B Town. Diinstitusi bahasa ini kami mengajar mulai dari anak-anak sampai dewasa. Bahasa yang kami ajarkan adalah bahasa inggris, sesuai dengan nama yang disematkan pada institusi ini.

Saya sendiri, kebagian mengajar anak umur 10-12 tahun untuk level bahasa inggris Welcome 3. Sempat juga saya diminta mengisi kelas conversation buat orang dewasa (umur 18 tahun dst), tapi karena jam untuk kelas itu terlalu sore, saya pun mengundurkan diri dari kelas itu. Bukan karena sore bermasalah. Saya cuma nggak mau aja nunggu terlalu lama. Kelas saya sebelum conversation calss selesai jam 2 siang. Lanjut ngajar lagi jam 6. Kayaknya gak worth it deh.  

Nah, sebenarnya ngajarnya biasa aja. Buat kalian yang berpengalaman ngajar anak kecil, tau lah anak kecil gimana? Mereka maunya main aja. Terus paling susahnya itu ketika kalian terlalu serius dengan pekejaan kalian yang akhirnya berubah jadi beban emosi. Nggak tau apakah ini hal yang positif apa negatif. Serius sama pekerjaan artinya kan kita bertanggung jawab. Tapi kalau keseriusan malah akhirnya buat diri sendiri stress sama aja kan?

Saya orangnya lebih condong menganggap serius segala hal. Dalam hal pekerjaan ini, misalnya, saya berharap banget anak didikan saya pinter dan bisa semua. Nah, kalau mereka maunya main terus dan selebihnya gak konsentrasi sama aja. Terus ada anak yang keras kepala lagi. Kalau gurunya melempar pertanyaan, dia maunya teriakin jawaban langsung. Sedangkan ada anak lain yang kurang mampu. Pokonya kerja jadi tentor ini berharga banget deh. Ini buat aku lebih respect sama guru-guru.

Sedangkan untuk masalah environment pekerjaannya biasa aja sih. Tempat kursusnya lumayan tertata dan lengkap dengan fasilitas pendukung. Ada computer dengan layar lebar ala TV disetiap kelas. Terus ada foto kopi kalau para tutor perlu ngopi soal-soal atau quiz dll yang dipake dikelas. Ada juga minuman gratis (teh) disediain pihak instiusi buat para pelajar dan guru.

Karena saya ngajarnya akhir pekan, direktur institusinya jarang ada dikantor. Palingan ada satu dua front desk workernya yang nongkrong disana.

Masalah gaji, ini nih yang paling sensitif. Walaupun dari awal saya komitemen bahwa niat kerja cuma untuk dapat pengalaman tapi gak berarti juga saya gak nyari uang juga. Nah ternyata ditempat kerja saya system penggajiannya beda. Masa gaji bulanananya dikasih setiap tanggal 20 bulan berikutnya? Jadi misalkan kita udah kerja buat bulan Desember nih. Gaji Desember baru di kasih tanggal 20 bulan Januari. Udah gitu mana gajinya dikit banget lagi. Sejamnya  Cuma 8TL. Setiap kali pergi kerja pasti ngeluarin uang, buat transportasi atau makan siang.

Intinya masalah kerjaannya gak terlalu gimana-gimana sih. Oke-oke aja. Tapi masalah gajinya nih yang agak bermasalah. Telat pembayaran dan kecil. Kayaknya bentar lagi saya bakal quit deh. Bangun pagi banget cuma buat kerja itu kayakanya gak worth it deh kalau dihargainya cuma gitu. Sampe-sampe saya bilang gini: disetiap kelas yang aku masukin ada sekitar 6 anak, jadi kalau gajiku 8TL perjam, berarti hargaku perjam kurang dari 1 setengah TL dong? Murah banget!!

Sekarang saya lagi libur kerja karena anak-anaknya juga lagi liburan. Rencananya sebelum kurus bahasanya dimulai lagi, saya udah quit. Biar saya gak perlu kesana lagi pas kursus dimulai. Setidaknya impian saya kerja selama sambil kuliah udah tercapai walaupun cuma 2 bulan. Tapi setelah ini saya niat mau nyari kerjaan lagi sih. Mau nyoba kerjaan yang lain. Jangan ngajar terus. Mungkin jadi garson? We'll see!

Sekian dulu ya postingan kali ini. Sampai jumpa lagi dipostingan selanjutnya.


Disclaimer:


Ini cuma pengalaman saya sepihak. Saya yakin pasti banyak orang lain yang memiliki pengalaman yang menyenangkan saat bekarja di Turki. Buat kalian yang niat mau kerja ke Turki, saran saya pelajari dulu kontrak kalian. Jangan sampe kalian malah di eksploitasi saya employer kalian. Kalau saya kerja kan cuma iseng aja. Ngisi kegiatan karena saya udah disemester akhir. Udah nggak banyak mata kuliah lagi. Jadi kalau saya nggak happy di tempat kerja saya bisa quit. Buat yang komitmen mau kerja Full-time di Turki (atau di luar negeri secara umum), tolong pelajari dulu perusahaan dan kontrak kerja kalian. Jangan sampe terkena kasus penipuan dan eksploitasi manusia.

5 comments:

Unknown said...

Mas kira2 Ada ga agency Tkw disana yg buat kerjaan jaga nenek atau Jaga anak, saya dengar gaji disana lumayan, tapi saya mau berangkat Dan urus semua sendiri kira2 gimana ya mas thanks

Anonymous said...

Coba Au Pair kk

Anonymous said...

Kalau di turki apakah kerja kantoran hari sabtu tidak libur?

Unknown said...

pengen kerja di tuki tapi tidak ada modal samsek, untuk aupair juga biayanya mahal

adhari'sabroad said...

Ekonomi Turki juga lagi buruk sih. Jadi susah juga nyari kerjaan disana. Bisa-bisa di eksploitasi sama pemberi kerja.