Kota Terbaik di Turki





Disclaimer:
Pernyataan ini bersifat subjektif. Saya tidak melakukan riset secara ilmiah untuk kemudian bisa mengatakan ha ini. Ini murni hasil observasi pribadi saya setelah berkunjung atau tinggal di kota-kota di Turki.

Pamukkale, Denizli


Tahun ini adalah tahun kelima saya di Turki. Sebentar lagi kemungkinan besar saya akan meninggalkan Turki demi kebiakan (for good). Alias saya akan menyelesaikan studi saya di Turki.

Di tahun kelima saya di Turki saya ingin berbagi opini saya tentang kota terbaik Turki dan alasan apa yang membuat saya memilih kota tersebut. Sebagai informasi saya pernah tinggal di tiga kota di Turki.

Pertama di tahun 2012 sampai pertengahan tahun 2013 saya bermukim di kota Adana. Disana saya menyelesaikan studi bahasa Turki saya selama setahun. Umumnya mahasiswa asing yang bersekolah di Turki mengikuti program ini, program yang popular dengan nama TOMER atau program persiapan bahasa Turki.

Lalu dari tahun 2013 hingga hari ini saya bermukim di kota Manisa, kota yang sangat terkenal sebagai kota sanayi atau kota pabrik. Kota Manisa sebenarnya kota yang sangat luas, namun karena letaknya yang berdekatan dengan kota Izmir, akhirnya kota Manisa sulit berkembang. Umumnya orang-orang yang bekerja di pabrik-pabrik yang berlokasi di Manisa berdomisili di kota Izmir dengan pertimbangan bahwa kwalitas kehidupan disana lebih baik. Setiap hari mereka melakukan perjalanan pulang-pergi Izmir – Manisa untuk bekerja.

Diselang-selang tahun 2013 sampai 2017 saya sering tinggal di Izmir. Terutama ketika liburan musim panas dimulai. Di Izmir banyak teman-teman Indonesia. Jadi, setiap kali liburan musim panas dimulai, saya menginap di rumah mereka selama tiga bulan (Juli-Agustus-September).

Selain tinggal di tiga kota diatas, saya juga pernah berkunjung ke beberapa kota di Turki seperti Istanbul, Ankara, Gaziantep, Sanliurfa, Denizli, Kahramanmaras, dan kota Mersin. Mengunjungi kota-kota berikut ini, memberikan saya banyak sekali referensi untuk memutuskan mengapa kota yang saya pilih layak menjadi kota terbaik di Turki (versi saya sendiri.)

Langsung saja, eng… ing… eng… kota terbaik di Turki versi saya pribadi adalah kota IZMIR! Alasannya adalah sebagai berikut:
1.        Izmir adalah kota metropolitan
Ketika berapa di luar negeri tinggal di kota besar itu sangatlah penting. Alasannya karena di kota besar populasi orang asingnya lebih banyak. Jadi kemungkinan orang local bisa bahasa Inggrisnya lebih tinggi. Selain itu kemungkinan ada restoran asing juga ada. Di kota Izmir misalnya, ada restoran Cina. Jadi kalau kangen masakan Asia bisa mampir kesana. Pastinya pas lagi ada rezeki. Penjualan bumbu-bumbu Asia juga kemungkinan besar ada. Ini sangat penting karena di Turki makanan jarang dibumbui. Kalaupun pake bumbu, pasti cuma bumbu inti seperti kara biber (lada) dan garam. 




Izmir adalah kota terpadat ketiga di Turki. Populasi Izmir hampir menyentuh angka 2.848 juta jiwa. Dengan populasi sebanyak ini, kota izmir difasilitasi dengan moda transportasi yang sangat lengkap.

2.      Moda Transportasi yang Lengkap



http://www.ilksesgazetesi.com

Izmir menjadi kota terbaik versi saya pribadi karena system transportasinya yang lengkap. Di izmir hampir semua moda transportasi ada, mulai dari bis kota, izban (kereta jarak lumayan jauh), metro (kereta bawah tanah), vapor (transportasi laut), kereta api jarak jauh. Selain transportasi yang lengkap, biaya transportasi di Izmir juga sangat murah dibandingkan kota-kota besar di Turki lainnya. Di Izmir biaya sekali perjalanan menaiki transportasi umum adalah 2.60TL (sekitar 9500 rupiah) untuk umum. Sedangkan untuk kartu mahasiswa biaya lebih murah. Hanya 1.50TL sekali pencet. Dan enaknya lagi, penumpang diberikan kesempatan untuk transit secara gratis selama 90 menit. Transit yang saya maksud adalah ketika berganti moda transportasi umum yang sudah saya sebutkan di atas seperti bis umum (eshot), izban, vapur dan metro.

3.       Rumah Bagi Beberapa Universitas Terbaik di Turki

Di Izmir ada banyak sekali pilihan universitas baik swasta maupun negeri. Fakta ini sangat membantu dalam pemilihan universitas untuk diri sendiri (bagi yang sedang berkuliah) ataupun untuk anak (bagi yang sudah berkeluarga.) Beberapa universitas yang ada di Izmir masuk dalam top 100 di Turki seperti Ege Universitesi, Izmir Yukses Teknoloji Ensitusu (IYTE), Dokuz Eylul dan lain-lain. Masuk akal kan kenapa saya milih Izmir menjadi kota terbaik versi saya?

4.      Cuaca Izmir yang Tidak terlalu dingin


Yang satu ini mungkin lebih subjektif dari alasan lainnya. Saya pribadi sangat menyukai cuaca panas. Izmir adalah satu kota dengan cuaca paling panas di musim panas. Cuaca tertinggi bisa menjadi 37 derajat. Sebaliknya ketika musim dingin Izmir tidak terlalu dingin dari kota-kota lainnya. Bahkan kota Izmir hampir tidak pernah salju. Kalaupun turun hanya sesekali dalam beberapa tahun.

5.      Wanita-wanita Izmir yang Cantik


http://cf.kizlarsoruyor.com

Didalam bisa dilihat bahwa kota Izmir berdekatan dengan Yunani. Bahkan dulu Izmir merupakan bagian dari Yunani. Nah, fakta ini membuat Izmir menjadi kota yang berbeda denga kota lainnya. Secara fisik orang Izmir lebih mirip dengan orang Eropa. Bahkan konon katanya orang-orang tercantik di Turki itu berasal dari Izmir. Bentuk fisik mereka umumnya sangat tinggi, putih, berambut pirang (blond), dan bemata biru.

6.      Pusat Sejarah Dunia

Pamukkale, Denizli

Di izmir kita bisa mengunjungi bukti-bukti sejarah dari masa lalu seperti dari masa Yunani kuno, Romawi kuno, Selcuk dan bahkan dari masa Ottoman. Ikon Izmir adalah Efesus, sebuah kota tua dari abad Romawi kuno. Tinggal di Izmir akan memudahkan kita untuk mengunjungi kembali sejarah dari masa lalu. Tidak jauh dari ada kota Denizli. Di Kota Denizli, kita kembali bisa mempelajari sejarah dari masa Hiropolis. Dan juga, kita bisa melihat kajaiban alam Pamukkale, sebuah travestin yang terbentuk akiban pembekuan air kapur. 


Ephesus, Selcuk, Izmir


Sekian tulisan saya mengenai kota terbaik di Turki versi saya pribadi. Semoga bermanfaat J





0 comments: