Rute Terbaik Ketika Melakukan Perjalanan ke Turki




Umumnya para pelancong yang mengunjungi Turki melakukan hal yang saya sebut sebagai kesalahan terbesar, yaitu menjadikan Istanbul sebagai destinasi pertama. Padahal kalau pikr-pikir ulang, kenapa mengunjungi Istanbul tidak diakhir perjalanan saja? Toh, sebelum meninggalkan Turki kita melewati Istanbul lagi. Hampir semua penerbangan internasional dilakukan di bandara-bandara Istanbul, antara Sabiha Gokcen Airport atau Ataturk Airport. Terutama bagi penerbangan ke Asia, sudah dipastikan akan melewati bandara yang dua ini. 


Tips: Sebelum melakukan booking pesawat, pastikan anda telah mengecek bandara tujuan. Seperti yang saya katakana sebelumnya, di Istanbul ada dua bandara besar (bahkan sebentar lagi akan menjadi tiga), jadi pastikan anda turun di bandara yang tepat. Saya pribadi menyarankan untuk memilih bandara Ataturk, berdasarkan beberapa alasan: 1) transportasi dari dan ke bandara sangat mudah. Dapat ditempuh dengan menaiki tramway 2) jarak dari pusat kota tidak begitu jauh dibandingkan Sabiha Gocken. Satu-satunya cara menuju sabiha Gokcen adalah dengan menaiki shuttle bus yang lumayan mahal sekitar 20TL.


Sekarang kita akan berbicara tentang pokok permasalahan, RUTE. Kira-kira seperti apakah rute perjalanan terbaik selama mengunjungi Turki? Sebelumnya kita harus menentukan prioritas terlebih dahulu. Kira-kira apa yang ingin kita lihat selama berada di Turki? Sejarah yang berbau kerajaan Utsmani kah? Reruntuhan atau artefak dari masa Romawi dan Yunani kuno kah? Keajaiban alam kah? Atau semuanya?

Sangat memungkinkan untuk mengunjungi semua tempat ini dalam waktu kurang dari tiga minggu. 


List tempat-tempat yang wajib di kunjungi di Turki:


1.        Kapadokya 

www.birhayalinpesinde.com


Sebuah keajaiban alam yang membentang disapanjang kota Nevsehir. Pegunungan yang menjulang, tidak begitu tinggi, tapi cukup membuat mata terpana. Dipegunungan ini banyak dibangun rumah dalam tanah, bahkan penginapan. Anda dapat mencoba sendiri ketika berada disana. Selain itu, ada juga bisa menaiki balon udara sembari menikmati pemandangan keindahan kota nevsehir yang bak dunia mimpi.



2.       Konya: Kota Sufi

http://www.anemonhotels.com


Anda pasti pernah mendengar nama seorang sufi terkenal asal Turki, Maulana Jalaluddin Rumi. Nah, konya adalah rumah bagi tarekat sufi yang didirikan oleh sang Maulana. Mengunjungi kota Konya akan memberikan anda pengalaman spiritual luar biasa. Anda juga dapat menikmati sisi sufi twirling dance, maha karya sang sufi sebagai cara mendekatkan diri dengan sang Khalik. Mengunjungi kota konya juga berarti mengunjungi rumah sang penyair (Maulana juga seorang penyair). Kita semua pasti familiar dengan puisi-puisi cinta yang Rumi tulis untuk mengekspresikan rasa cinta kepada sang khalik.


3.       Izmir, si Kota Antik



Umumnya yang dicari oleh pelancong di kota Izmir adalah Ephesus, sebuah reruntuhan kota dari masa Romawi kuno. Didalam kompleks Ephesus ini kita bisa melihat sebuah maha karya dari abad Romawi kuno. Bahkan hingga tahap dimana rasanya sulit mempercayai bahwa orang-orang dari abad tersebut mampu menciptakan bangunan sedemikian rupa. Selain itu, tidak jauh dari Ephesus, kita bisa mengunjungi tempat pembuatan wine paling terkenal di Turki, Sirince. Selain kedua tempat tersebut, saya juga sangat merekomendasikan setiap pelancong untuk mencoba menjadi warga Izmir dalam sehari. Kota Izmir adalah kota keempat dengan populasi terpadat di Turki. Dengan fakta ini, Izmir dilengkapi dengan transportasi dan fasilitas publik yang sangat memadai. Saya sangat merekomendasikan anda semua untuk menaiki fasilitas publik yang ada dikota Izmir seperti, transportasi laut, metro, izban, bus kota, dan sepeda taman. Anda akan lansung jatuh cinta pada kota Izmir

Perpustakaan Kota Efesus Kuno


Efesus
 


4.      Denizli 

Pamukkale


Denizli sebenarnya adalah kota kecil. Namun, ada satu berlian yang membuat kota Denizli dipuja-puja oleh para pelancong yaitu keajaiban alam Pamukkale. Selain itu, yang membuat Pamukkale sangat berharga adalah lokasinya yang berada ditengah-tengah kota kuno Hierapolis. Disini selain melihat keajaiban alam, kita juga bisa mengunjungi sejarah dari masa lalu. Jangan sampai kelewatan untuk mengunjungi bagian amfiteater didalam Pamukkale ini, salah satu amfiteater dengan bagian panggung masih terlihat rapih. 







5.       Istanbul 

Tur Selat Bosphorus


Tentu Istanbul bukanlah kota yang akan kita lewati begitu saja. Istanbul adalah satu kota dimana anda perlu bersantai untuk sesaat. Jangan terlalu terburu-buru. Nikmati saja semuanya, everything Istanbul has to offer. Jangan lupa masuk kedalam Topkapi Sarayi (Istana Gerbang Agung), sebuah istana peninggalan dari masa Turki masih berbentuk kerajaan. Didalamnya anda bisa menikmati selat bosphorus dibagian balkon istana. Menikmati kapal yang berlalu-lalang sepanjang selat. Selain itu anda juga bisa melihat dengan sendiri hamam yang sering digembor-gemborkan. Ada juga peninggalan dari masa-masa kemegahan Islam. Bahkan hingga jenggot dan pedang nabi. Kedua, jangan kelewatan untuk memasuki Hagia Sophia – sebuah bangunan megah yang telah menjadi saksi sejarah. Bermula sebagai gereja Kristen Orthodox, lalu di ubah menjadi masjid setelah Islam menaklukkan Konstantinopel, lalu sekarang menjadi Musium. Ketiga, mesjib sultan Ahmet atau yang sering disebut masjid kubah biru di Indonesia. Ini adalah maha karya terbesar bapak arsitektur Turki, Mimar Sinan. Kalau ingin membaca versi fiksi kehidupan Mimar Sinan dapat membaca buku salah satu sastrawan hebat Turki di abad ke-21, Elif Shafak, yang berjudul The Architect’s Apprentice. Keempat, mengikuti tour bosphorus. Ke Istanbul sangat tidak lengkap kalau tidak ikut tour selat bophorus. Dari atas kapal kita bisa menikmati Istanbul secara keseluruhan – juga, menjadi saksi bagaimana Istanbul Eropa dan Asia dihubungkan oleh jembatan Bosphorus. 

Didepan Hagia Sophia

Didepan Topkapi



Lima kota di atas masuk kedalam daftar wajib dikunjungi versi saya sendiri, dengan alasan yang telah saya paparkan di atas. That being said, sekarang adalah waktunya untuk menentukan rute. Sebelumnya kita sudah setuju bahwa Istanbul akan menjadi destinasi terakhir. Dalam kata lain, kita akan mengitari kota Istanbul, sekaligus dengan kepulangan. Jadi dari manakah perjalanan di mulai? 


1.        Istanbul - Kapadokya

Karena tidak ada jalan lain, Istanbul pasti akan menjadi tempat landing semua penerbangan internasional. Saran saya tidak usah berhenti di Istanbul, langsung saja menuju kapadokya.



2.       Kapadokya – Konya

Setelah dari Kapadokya langsung menuju kota konya. Harap mengecek jadwal pertunjukan tari Sufi. Rugi dong sudah ke Konya, tidak melihat sufi dance.



3.       Konya – Izmir

Ada banyak pilihan transportasi dari kota konya ke Izmir. Ada bus antar kota, ada kereta TCDD, dan yang terakhir ada pesawat. Anda bisa memilih sesuai dengan budget.



4.      Izmir – Selcuk (masih dalam kota Izmir)

Anda bisa memilih untuk menginap di kota Selcuk (1 jam dari kota Izmir), atau hanya day trip. Saya menyarankan untuk day trip saja. Sore hari anda bisa langsung menuju kota Denizli. Disana anda bisa bermalam, dan keesokan harinya anda bisa mengitari Pamukkale. Bahkan, anda bisa mencari penginapan yang langsung berada tepat didepat Pamukkale.



5.       Selcuk – Pamukkale

Pilihan lain, anda bisa beristirahat sehari, lalu mengitari Pamukkale keesokan harinya. Usahakan mengitari Pamukkale dari gerbang atas, agar anda tidak perlu berjalan menanjak.



6.      Pamukkale – Istanbul

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk kalian mengitari kota Istanbul. Jangan lupa untuk belanja oleh-oleh di salah satu mal tertua di dunia, Grand Bazar.



Semoga rute ini bermanfaat! 😎😎😎



Kalau anda membutuhkan jasa tour guide dari seorang mahasiswa yang telah tinggal di Turki selama empat tahun lebih, silahkan hubungi alamat email ini Adhari.indonesia@gmail.com



Baca juga:






3 comments:

Unknown said...

Hai, help dong untuk rute Selcuk - Denizli naik apa?
Trus Denizli - Pamukkale naik apa?

Unknown said...

Hai, help dong untuk rute Selcuk - Denizli naik apa?
Trus Denizli - Pamukkale naik apa?
Thank you

adhari'sabroad said...

Banyak pilihan. Untuk Selcuk - Denizli boleh naik kereta, beli tiketnya disini: https://ebilet.tcddtasimacilik.gov.tr/view/eybis/tnmGenel/tcddWebContent.jsf?expired=true. Atau naik bis juga bisa beli tiket disini: https://www.obilet.com/otobus-bileti/denizli-selcuk_izmir.

Untuk ke Pamukkale dari city centre Denizli gampang kok. Dari terminal bus, cukup naik dolmus ongkosnya sekitaran 7TL.