Masih Proses Pendewasaan Menulis!

Kapan ya pertama kali suka dengan dunia menulis kok bisa-bisa jadi fanatik gini, walaupun gaya menulis masih anak bawang.  (Recalling dulu :[)

Dulu waktu kecil aku sering dengar istilah diary, sempat termakan virus jump on the band wagon sih untuk beli sih tapi gak rutin nulis. Tapi kalau balik lagi ke zaman itu dengan pengetahuan yang kupunya sekarang, maksudnya lebih faham dan akrab dengan istilah diary dan journal, aku lebih memilih untuk menamainya journal. Diary, cewek banget! #ngeles.. bialang aja ikut-ikutan si Wimpy Kids. Padahal apasih ? intinya sama-sama buat curhat juga.

Pernah sih beberapa kali nulis curhatan di buku diary itu tapi isinya tentang cinta-cintaan anak bau pesing. Bilang ngefans sama si A lah tapi gak bisa ngungkapin atau sama si B lah tapi dianya udah punya pacar. (Kalau ingat itu, mau ketama jungkir balik sekarang.) Itu buku udah dimana ya? Eh kalau ada yang nemuin bisa-bisa aku ngompol nahan rasa malu..

Tapi harus kuakui yang melatih dunia tulis menulisku (yang paling unique) itu pas mondok. Waktu itu aku jadian sama santri putrid (ngga perlu sebut namanya lah). Ceritanya karena bawa HP adalah satuhal yang haramin, malah aku pernah bawa kamera disita dan nggak dibalikin lagi. Jadinya style pacarannya back to ancient time gitu, sura-suratan…. Bukan surat sih tapi media yang kita pakai itu buku. Ceritanya kami punya buku masing-masing. Masih ingat tuh, bukunya dia warna biru langit dengan gambar princess, dan punyaku warna maroon gambar naruto. Sistem pengirimannya ditempat-tempat publik kaya Mesjid dan lain.. Jadi diletakkin aja di dekat hijab, nanti dia udah ngerti aja. Gara-gara ini jadi sering ke mesjid lebih awal…

…..Bentar! mau nahah ketawa dulu. (Hwahahahahaaa......)
Kalau ingat masa-masa itu kayanya mau loncat jungkir balik ketawa. Tapi tak bisa dipungkiri itu ngelatih kedewasaan menulis banget sih. dengan kata-kata yang sok manis ala remaja yang jatuh cinta tapi nulis kata-kata ngikutin sinetron remaja yang lebay gituh.


Cukup lah masah gituannya. Lanjut ke masalah dunia tulis-menulis…..
Sampai sekarang masih nyari jati diri menulis sih. Belum punya karya yang bener-bener karya sih. Masih penulis ecek-ecek. Belum pernah juga nempelin tulisan dimedia tertentu. Tapi pasti sudah punya niat lah kea rah sana.

Sekarang aja masih 'membuat bingung' diri sendiri dengan pertanyaan mau piliah apa? Genre nulisnya apa? Kadang juga dipengaruhi oleh ambisi (ingin jadi kaya penulis besar). Maksudnya pingin punya ideology tertentu gitu yang bisa diterapin didalam tulisan. Alasan lainnya, nggak mau cuma nulis asal-asalan. Asal bisa terbit atau asal ada nempel disuatu media. Maunya kalau udah nulis, nulis yang bener. Biar karyanya bisa dikenang kaya penulis-penulis itu. Kaya George Orwell lah, atau Jack London, atau siapa pun lah itu.

Efeknya, ya cuma bisa nulis dimedia sendiri, di blog. Bahkan untuk share ke FB aja masih takut-takut. Merasa gaya menulisku masih kaku, minim referensi, dan alasan lain ya “Otak Kadal” kaya yang disebutin sama Wahyu Aditya disalah satu bab dalam bukunya “Kreatif Sampai Mati.” Sebenarnya permasalahn yang paling crucial yan itu tadi. Gak punya keberanian. Tapi at least udah berani ngepost ke blog lah. Semoga ada yang ngerlirik. Tapi kok samapi hari ini, ini blog sepi-sepi aja ya? Ngga ada yang komen. Jangan-jangan gak ada pengunjungnya malah… (tepok jidad)

Pas inspirasi datang juga kadang masih berkutik dengan,”aku harus pilih narratornya yang gimana ya? orang pertama apa ketiga? Orang pertama bosen, ngomong aku terus. orang ketiga sok tau, masa bisa baca kepala orang.” Sibuk debat kusir dengan kepala eh inspirasinya keburu lari ke awang-awang. Makanya sampe sekarang gak pernah jadi tuh cerpen.

Tapi semua butuh proses lah. Memang setiap orang yang ideologist perjalanannya ngga selalu berjalan mulus. Mereka pasti pernah  dihantui oleh rasa tidak nyaman melihat sekitarnya dulu. (Ayo pernah punya perasaan kaya gitu ngga.) Lama-lama  perasaan yang gak nyaman sama lingkungan itu tumbuh jadi suatu kecemasan. Akhirnya karena keadaan ngga berubah-ubah jadinya dia yang berdiri dan neriakin ketidak cemasannya walaupun dalam podium tulisan alias karya tulis. Banyak kok penulis menjadi agent perubahan. Kebanyakan penulis memang nulis bukan Cuma ikut-ikutan. Itu panggilan jiwa. Atau pelarian dari ketidak nyamanan jadi jangan remehkan mereka yang suka nulis. Jangan caci-cari juga. Katanya sih “Be careful! Or you’ll end up in my book”

Ngga tau itu Cuma alasannya si “Otak Kadal” aja atau emang beneran suara hati yang jelas memang pingin jadi kaya mereka-mereka yang udah nulis karya besar. Untuk nganalisa karyanya aja ribeettt bet ribeettt. Tapi itulah yang disebut dengan karya besar. Kalau sekali baca ngerti ngapain namanya dicantumin sebagai penulis besar!

Untuk itu aku nggak mau gegabah. Harus benar-benar dijalani dengan serius. Ngga usah tergiur dengan pikiran "ingin cepat terbit." Yang penting itu harus ngefek ke masyarakat. Harus penuh makna! "Take you time, Hari!" (memotivasi diri sendiri)

0 comments: