Yano dan Gano


Untuk permasalahan “sistem” sepertinya mahasiswa Indonesia di Turki jarang menemukan kesulitan. Apalagi disini semua online. Mau lihat KRS, tinggal buka website kampus, log in, dan semua informasi tentang nilai dan lain sebagainya bisa langsung dilihat disana.

Namun bagaiman dengan Yano dan Gano? Pernah lihat di UBS-nya? Saya kurang tahu untuk dikampus lain, untuk dikampus saya, sebutan untuk sistem online ini adalah UBS atau Öğrenci Bilgi Sistemi. Bisa dilihat disana ada dua jenis nilai yaitu Yano dan Gano. 

Yano untuk IPK atau nilai rata-rata semester dan Gano adalah nilai rata-rata seluruh semester yang sudah ditempuh. Fungsi pemetaan kedua nilai ini adalah ketika kelulusan. Belum dapat dinyatakan lulus kalau nilai Gano-nya kurang dari syarat yang ditentukan. Setiap Universitas biasanya memiliku kriteria berbeda-beda. Ada yang menetapkan 2.00 sebagai nilai kelulusan yang berarti kalau kurang dari nilai tersebut belum dapat dinyatakan lulus. Namun ada juga yang lebih tinggi dari 2.00. Untuk lebih jelasnya dapat dibaca diwebsite kampus masing-masing.

Bagaimana dengan koÅŸullu baÅŸarılı? Secara bahasa sih artinya Lulus Bersyarat. Tapi disini makna lulus bersyaratnya berbeda dengan di Tanah Air. Saya pernah mendiskusikan masalah ini dengan teman-teman yang pernah S1 di Indonesia. Katanya, kalau di Indonesia biasanya “Lulus Bersyarat” itu berarti akan mendapat syarat-syarat tertentu dari dosen pengajarnya. Mungkin seperti ‘naik kelas percobaan’ kalau di SD, SMP dan SMA. 

Ada juga yang bilang kalau lulus bersyarat itu maksudnya adalah kalau belum lulus satu mata kuliah tertentu maka belum dibolehkan mengambil mata kuliah lain. Misalkan untuk mengambil mata kuliah statistik harus lulus mata kuliah matematika dulu. 

Nah, kalau di Turki koÅŸullu baÅŸarılı itu pengaruhnya untuk kelusan. Sebut saja pengaruhnya itu ke nilai Gano. Nanti disemester akhir yang dilihat sebelum dinyatakan lulus adalah nilai ini. Kalau nilai Gano tidak memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh pihak kampus maka harus mengulang atau mengambil pelajaran yang dapat nilai koÅŸullu baÅŸarılı itu tadi. Alias, mengulang satu semester lagi untuk pelajaran-pelajaran itu. 

Untuk koÅŸullu baÅŸarılı itu sendiri setiap kampus menetapkan keputusan yang berbeda-beda. Ada yang menetapkan CC adalah batas untuk lulus bersyarat. Namun ada juga yang menetapkan DD, tergantung kampus bersangkutan. 

Untuk mengatasi nilai seperti ini biasanya mahasiswa di Turki mengambil yaz okul atau summer school. Ini biasanya berlangsung selama sebulan atau lebih. Namun ‘kelulusan’ pelajaran yang diambil tetap saja ditentukan oleh ujian diakhir program.

 Sebahagian informasi ada juga yang menyebutkan bahwa summer school adalah semester pendek, kalau di Indonesia. Jadi kalau tidak berkesempatan pulang selama liburan musim panas, bisa mengambil kesempatan ini. Untuk informasi lebih tepatnya tanyakan saja ke Öğrenci Ä°ÅŸleri kampus.

Semoga Bemanfaat :) 


0 comments: