What Has Happened During Summer ?


Sebentar lagi semester ganjil akan dimulai. Dengan kata lain akhirnya oh akhirnya liburan super panjang selama musim panas berakhir juga. Loh kok nadanya sinis banget? Bukan karena saya adalah anak rajin yang senang dengan dimulainya sekolah tapi lebih karena (mungkin) musim panas tidak berakhir dengan hal-hal yang mengenakkan, sepertinya. Tidak 100% begitu sih, banyak juga hal-hal yang memorable terjadi selama tiga bulan ini, mari kita list satu persatu momen-momen baik menyenangkan maupun tidak menyenangkan itu.

1.Keluar dari Goa.
Kebetulan di kota tempatku tinggal orang Indonesia hanya aku berdua dengan Alvi. Kami juga tidak tinggal bersama melainkan ditempat yang terpisah. Kami jadi jarang ketemu. Selama hampir dua semester aku sangat jarang bertatap muka langsung dengan teman setanah air, hanya sesekali ketika mampir ke Izmir. Nah, pada saat musim panas ini akhirnya aku bisa setiap hari berkomunikasi, makan makanan buatan sendiri dan tinggal bersama teman Indonesia di Izmir dirumah salah satu teman Indonesia yang juga kebetulan tidak mudik. Istilahnya turun gunung, letak goanya di atas gunung, dan mampir kekota metropolitan Izmir.
Rencana awalnya cuma akan tinggal sementra saja, karena dari awal aku sudah bertekad untuk mencari pekerjaan selama liburan musim panas, tapi setelah kesana kemari melamar pekerjaan gagal maka pilihan terakhir adalah tinggal dengan mereka. Dan sungguh Alhamdulillah bisa mendapatkan kesempatan ini, kalau tidak aku juga tidak tau apa yang akan terjadi dengan puasaku, dengan liburanku. Pasti akan sangat suram. Sebulan selama puasa aku tinggal dirumah mas Maulana di Yesilova. Puasa kali ini cuku varitif. Banyak buka puasa diluar baik dirumah keluarga Turki maupun di kelurga Indonesia-Turk. Sungguh memorable.

2.Home is where I am
 Mungkin ini sudah manjadi kesekian puluh kalinya saya menceritakan bahwa tahun ini adalah tahun ketiga saya tidak pulkam. Jadi rasa homesick ini sudah basi juga, sepertinya. Dan setiapkali adalah yang bertanya di FB atau WA atau di manapun itu  "when are you gonna come home!" saya langsung berdalih "home is wherever I am." Jawaban ini sebenarnya fleksibel sih. Terkadang saya memang gak ingin pulang, tapi terkadang juga ada bagian dalam diri saya yang mengatakan aku kangen ibuku. Aku kangen masakan ibuku. Tapi yang namanya merantau ini sudah menjadi resiko.

3.Keluarga Baru
Adana dan teman-teman PPI Adana adalah second home-ku. Tapi ternyata Izmir juga menawarkan rasa yang tak kalah. Jadilah aku yang semakin cinta dengan Izmir dan orang-orannya. Ini juga yang membuatku berani mengatakan bahwa orang Indonesia sejatinya tidak buruk. Kalaulah citra masyarakat Indonesia (yang di tanah air) itu jelek, tidak civilized, dan korupsi. Maka sebenarnya, dengan melihat fakta lapangan disini, masih banyak harapan Indonesia untuk menjadi negara yang berpenduduk lebih baik, pemerintah yang devoted untuk rakyatnya (bukannya korupsi) dan kriminalitas yang lebih menurun. Ataukah orang-orang baik Indonesia sudah angkat kaki ke Turki semua? Upss… Tapi beneran, orang-orang Indonesia yang saya temui di Turki semua baik-baik sekali.
Kalau rencana awal anda tinggal diluar negeri adalah untuk lari dari kenyataan, kenyataan bahwa Indonesia tidak layak huni, maka itu akan dengan sekejap mata berubah. Malah kontras, kalian akan mengubah statement kalian bahwa orang Indonesia itu adalah orang yang paling baik sedunia. "Sampai melintasi benua untuk mencari malaikat, dan ternyata malaikat yang anda temukan adalah malaikan yang sudah pernah bertemu dengan anda"

4.17 Agustusan
Sisi manis dari Summer kali ini salah satunya adalah momen ini, momen dimana kami mahasiswa Indonesia (PPI Izmir) berkumpul di salah satu taman di Buca untuk merayakan 17 agustus. Padahal waktu itu saya sedang sakit gigi. Ternyata kebahagiaan bisa menghilangkan rasa sakit sekalipun. Dan yang pahitnya dari summer ini ya sakit gigi itu tadi.
17-an kali itu tergolong sukses. Banyak perlombaan yang kami adakan. Keluarga Indonesia-Turki juga ikut hadir dan yang paling penting semua bahagia, walaupun terbakar kena panas matahari.

5.Summer: It's Reading Time
Terimakasih buat Emen dan Mba Pipienk. Berkat mereka berdua misiku untuk lebih banyak membaca lumayan sukses. Permasalahanku sekarang ini bukan malas membaca tapi lebih karena nggak punya fasilitas (buku). Tau ada teman yang bisa dipinjami buku aku sangat senang sekali. Bukunya John Green yang sudah kuidam-idamkan dari lama. Tadinya cuma bisa baca selembar-selembar pas main ke D&R sekarang bisa baca sampai habis.
Di summer ini juga aku kenalan dengan karya-karyanya Paulo Coelho. Dan setelah membaca dua karyanya, Alchemist dan Aleph, ku akui dia memang penulis jenius. Ketika membaca kita tidak ingin mendapatkan pengetahuan yang berulang-ulang bukan, kalau anda tipe orang yang bosanan dan memiliki penasaran tinggi, maka karya Coelho ini adalah jodoh anda. Sepertinya target saya selanjutnya adalah buku-bukunya Coelho yang lain semoga ada diperpustakaan kampus.

6.Gagal
Kegagalan selama summer ini adalah 1)rencana kerja 2)buat resensi atau semi analysis buku-buku yang ku baca juga film-film yang ku tonton. Semoga nanti tulisan yang setengah jalan itu bisa diselesaikan.

7.Minus 2 minggu sebelum masuk sekolah
Sepertinya liburan sudah sangat, sangat, sangat cukup. Sebenarnya belum sih. Karena nggak punya budget buat jalan-jalan bahkan buat keluar rumah, daripada duduk gak jelas terus, mending ngampus dimulai saja lah.

Antara exited dan anxious juga sih. Kadang semangat pingin kuliah tapi dilain sisi juga gak siap untuk kembali ke Goa lagi. Ada masalah finansial juga yang cukup menyita konsentrasi. Pokonya, sekarang aku berdoa saja, ya Allah berikanlah kekuatan bagi hamba fisik maupun mental untuk menghadapi coba-cobaan yang semakin hari sepertinya semakin berat ini. Kabulkanlah doa-doa hamba ya Allah, amin.

Terimakasih buat orang-orang super yang telah membuat liburan summer saya tidak sehambar zeytin. Terimakasih teman PPI Izmir. Mari gunakan 2 minggu ini untuk mengisi ulang batrai semangat kita untuk menghadapi semester depan. Sukses terus untuk kita semua. Aminn…..


Masih ada yang kurang nggak ya? List-nya segini dulu deh. Nanti kalau ada yang lupa ditambain lagi. Hehehhe

0 comments: