Qatar Airways (Reaksi Penumpang)




courtesy of Qatar Airways
Pada tahap ini saya sudah merasakan servis dari berbagai maskapai penerbangan baik dalam negeri maupun luar negeri. Namun dikarenakan budget yang saya miliki, disaat melakukan perjalanan saya pun terpaksa memilih maskapai dengan pilihan harga yang lebih ramah kantong. Untuk didalam negeri sendiri saya baru menggunakan jasa masakapai Lion Air dan Air Asia. Sedangkan untuk tingkatan luar negeri saya baru menggunakan jasa maskapai Qatar, Malaysia, Pegasus, Atlasglobal, Wizzair.

Dalam tulisan ini saya ingin berfokus pada servis yang diberikan oleh maskapi asal Timur Tengah, Qatar Airways, yang kebetulan sudah saya tumpangi sebanyak tiga kali berturut (kalau dihitung transit 6 kali).

Pertama kali saya menumpang pesawat Qatar sekitar tahun 2012. Pada tahun yang sama juga merupakan kali pertama saya keluar dari Indonesia. sendiri pula. Entah karena kurangnya pengalaman atau memang begitu adanya, saya merasa bahwa servis yang diberikan oleh Qatar Airways sangat baik.

Saya belum pernah menaiki Qatar Airways untuk penerbangan jarak dekat, tapi untuk penerbangan jarak jauh Qatar Airways adalah pilihan yang sangat baik. Berikut alasannya:

  1. Harga yang Terjangkau
Bagi mahasiswa harga adalah segalanya. Harga, bahkan terkadang, menjadi tolak ukur bisa atau tidaknya pulang. Sudah rahasia umum bahwa untuk mendapatkan harga yang menyenangkan, perlu membeli tiket lebih awal. Untuk jangka waktu, memang masih dalam perdebatan. Ada yang mengklaim bahwa 3 bulan sebelum hari H adalah waktu yang tepat untuk membeli tiket. Namun, nyatanya saya beli tiket 2 bulan sebelum hari H dan saya masih dapat tiket promo. Artinya masih banyak cara untuk mendapatkan harga tiket termurah. Satu hal, jangan lupa ikuti terus website yang menyediakan lampiran harga dari berbagai maskapi seperti skyscanner dll. Untuk Qatar Airways sendiri, tiket promo biasanya di lampirkan dihalaman utama website. Atau untuk lebih aman, subscribe aja websitenya dengan email. Selanjutnya setiap ada promo akan dikabarkan melalui email. Pilihan lainnya adalah dengan menuliskan langsung di google "qatar airways promo", maka laman pilihan harga promopun akan langsung muncul. Dengan begitu anda tidak perlu repot lagi mencari menu promo.

  1. Cabin Crew yang Ramah
Tentu untuk yang satu ini setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Saya sangat beruntung bisa memiliki pengalaman selama penerbangan yang sangat menyenagkan. Yang paling ngademin dari Qatar Airways adalah, gaya para pramugari yang sangat elegan. Tidak terlalu menor dan tidak terlalu slutty. Disini para pramugari masih diperlakukan sewajarnya. Dan juga sangat beragam. Ada Asia, Afrika, bahkan ras Eropa.

Terakhir kali saya menumpangi QR, saya meminta ke pramugari untuk membawa selimut karena akan berada di bandara selama 10 jam. Dan, si pramugari dengan baik hati mengatakan "just put it in your bag."

  1. Makanan yang Ramah Islam
Meskipun untuk pilihan minuman masih disediakan minuman beralkohol, tapi untuk pilihan makanan sudah tertulis dengan jelas dibuku menu bahwa semua makanan sesuai standar halal. Jadi untuk penumpang yang beragama Islam, tidak perlu ragu untuk makan.

makanan di dalam pesawat QR
Pengalaman pribadi! Karena lapar dan tidak ingin mengeluarkan uang saya akhirnya meminta makanan sisa dari cabin crew. Dan dikasih. Awalnya saya minta untuk makan di dalam pesawat, tapi karena sudah ada pengumuman untuk mendarat, saya pun akhirnya membukus makanan dan membawa turun. Akhirnya sekarang saya punya sendok, garpu, dan pisau dengan label Qatar Airways. :D :D

Intinya, kalau transit lama, gak ada salahnya minta makanan. Hitung-hitung bisa menghemat. Kan lapar juga kalau harus transit selama 10 jam. Mana makanan di bandara mahal lagi. Solusinya, ya bungkus makanan dari pesawat.

  1. Transit yang Menyangkan
Jika tujuan akhir anda bukan Qatar, maka otomatis akan mengalami transit di Doha. Terutama jika penerbangan yang dilakukan lumayan jauh. Tapi jangan takut, trasit di Doha menyenangkan kok. Ada banyak pilihan. Ada komputer apple yang bisa menghilangkan penat. Ada restroom yang menyediakan kursi malas, bisa selonjoran kaki dan tidur. Pilihan yang paling epik adalah bisa ikut tour kota Doha yang berdurasi 3 jam. Pilihan yang terakhir ini bisa di nikmati jika kamu transit lebih dari 6 atau 7 jam. Dan kalau kamu transit siang hari. Paling telat jam 8 malam. Untuk info lebih lengkap melalui tour, klik link ini.

Sekian reaksi penumpang tentang maskapai penerbangan Qatar Airways. Semoga bermanfaat. Jika anda berencana untuk melancong ke kawasan Eropa dan Amerika, tidak ada salahnya untuk mencoba Qatar Airways.

0 comments: