I've Got A New Passport!


Pertama-tama, mau minta maaf kediri sendiri karena selalu mangkir dari semua hal yang sudah diniatin. Misalnya, aku udah niat mau nge-blog sepanjang bulan Desember, tapi kenyataannya gagal karena leptop yang mendadak rusak. Tapi untuk tidak menghilangkan kebiasaan menulis, aku kembali ke kebiasaan lama, nulis jurnal. Jadi selama beberapa minggu ini aku aktif nulis di jurnal. Tapi karena malas nulis tangan, akhirnya bentuk tulisan yang ada di jurnal cuma sejenis outline aja. Misalnya satu waktu aku pingin nulis tentang topik Pernikahan, bukan karena aku lagi digalaukan oleh konsep ini. Cuma karena waktu itu kebetulan lagi terikat dalam percakapan tentang "Pernikahan" tersebut dengan salah seorang ibu Indonesia dikotaku. Terus dilain waktu aku lagi dipenuhi oleh imajinasi liar tentang bagaimana pikiran manusia berfungsi. Jadi aku menulis secara metafora bagaimana pikiran berfungsi dengan cara menyamakannya dengan sistemtransportasi. Kebetulan waktu itu aku baru saja melakukan perjalanan ke Ankara untuk mengganti paspor. Jadi, aku menggunakan pengalaman waktu perjalanan itu menggambarkan bagaimana pikiran berlangsung.

Tapi karena sekarang aku lagi punya akses ke komputer, jadi aku mutusin untuk membuat postingan baru di blog ini. Dan topiknya adalah tentang penggantian paspor.

Nah, dipostingan sebelumnya aku sudah sedikit menyinggung tentang perjalanan ke Ankara dan bahwa mengunjungi Ankara dipertengahan Desember adalah keputusan yang buruk. Sekarang aku akan memberi sedikit informasi tentang penggantian Paspor. Mungin diantara kalian ada yang berniat untuk mengganti paspor dalam waktu dekat, semoga postingan ini bermanfaat.

Dokumen yang dibutuhkan untuk mengganti paspor di KBRI Ankara:
1. Paspor lama asli dan foto kopi
2. Pas foto biometrik 4 lembar
3. Öğrenci belgesi atau surat keterangan mahasiswa dari kemahasiswaan kampus
4. KTP asli maupun foto kopi
5. Foto kopi lapor diri yang ada dihalaman terakhir paspor
6. Foto kopi ikamet
7. Biaya
10$ untuk paspor 24 halaman yang berlaku 3 tahun
30$ untuk paspor 48 halaman berlaku 5 tahun

Dengan membawa semua persyaratan dokumen diatas, kita bisa memproses paspor dalam satu hari. Kalau datang lebih awal di pagi hari kemungkinan besar paspor akan siap jam 3 sore. Waktu itu saya datang ke KBRI tepat pukul 9 pagi, dan paspor kami siap sebelum jam 4 sore.

Dan sekarang saya sudah dapat paspor baru yang menyantumkan nama baru saya. Sekarang waktunya saya memproses penggantian residence permit baru. Belum habis sih. Cuma karena namanya beda. Jadi saya harus ganti yang baru. 

0 comments: