Kamu Lulus Cum Laude, Nggak?

courtesy of Clipart Library

 Selain gelar, orang-orang Indonesia juga terobsesi dengan status kelulusan. Menurut yang saya pahami, di Indonesia ada konsep “cum laude” yang secara general berarti lulus dengan nilai rata-rata yang sangat memuasakan. Dan ternyata ada level-level kelulusan lho dan itu lebih dari sekedar “cum laude” yang kita ketahui. Berikut adalah tingkat kelulusan dan gelar-gelar kehormatan yang disematkan menurut http://www.ican-education.com :

3.80 dan 3.80 keatas: Summa Cum Laude
3.60 s/d 3.79: Magna Cum Laude
3.40 s/d 3.59: Cum Laude
3.20 s/d 3.39: High Merit
3.00 s/d 3.19: Merit

Nah, bagaimana dengan sistem pendidikan di Turki? Apakah ada gelar kehormatan khusus bagi lulusan terbaik?

Sepengetahuan saya, di universitas negeri di Turki tidak ada gelar kehormatan seperti “cum laude” di Indonesia atau “valedictorian” di Amerika. Namun, penghargaan secara simbolik hanya diberikan kepada 3 mahasiswa dengan nilai terbaik di jurusan: Okul Birincisi, Okul ikincisi, Okul uncusu. Dan konsep seperti “cum laude” atau “valedictorian” tidak diasosiasikan dengan keberhasilan mereka secara akademis.

Lalu apakah keberhasilan mereka di muat didalam ijazah?

Untuk hal ini saya masih belum tahu. Yang jelas, ketiga mahasiswa terbaik di jurusan akan mendapatkan piagam simbolik yang menyatakan bahwa mereka sangat berhasil secara akademis. Selain itu, mereka juga akan diberikan bingkisan dari kampus.

 

Sumber:
http://www.ican-education.com/articles/view/pengertian_cum_laude_magna_cum_laude_dan_summa_cum_laude

0 comments: