University Infomation Day


Pre Departure Training Journey - University Information Day

Satu dari banyak hal yang membuat beasiswa Australia Awards berbeda dari beasiswa lainnya adalah perhatian yang sangat men-detail terhadap kebutuhan awardee. Jika beasiswa lain hanya menyediakan bantuan secara finansial, beasiswa Australia Awards memfasilitasi setiap proses yang dilewati oleh awardee, mulai dari fase pendaftaran, wawancara, pra-keberangkatan, saat berada di Australia, sampai saat kembali ke negara asal. 

Kali ini saya ingin sedikit membahas tentang salah satu fasilitas yang disediakan oleh Australia Awards di fase pra keberangkatan: university information day!

Jika beasiswa lain mengharuskan awardee untuk mencari kampus atau LoA (letter of acceptance) sendiri, Australia Awards malah sebaliknya. Awardee tidak diperkenankan untuk mendaftar sendiri. Pendaftaran kampus dilakukan langsung oleh pihak Australia Awards dengan jalur tersendiri. Dengan sedikit pengecualian untuk calon mahasiswa PhD yang memang harus memiliki dosen pembibing terlebih dahulu. Jadi mereka bisa melakukan kontak dengan kampus tujuan lebih awal. Itu pun nanti akan dikomunikasikan ulang oleh Australia Awards.

Salah satu alasan mengapa seperti ini, karena, lagi-lagi, ini berkaitan dengan fasilitas yang disediakan oleh Australia Awards. Khusus untuk awardee Australia Awards, DFAT menyediakan fasilitas berupa SCO atau Student Contact Officer yang akan melayani semua kebutuhan awardee dan juga menjadi jembatan antara kampus dan DFAT. Nah, jika mendaftar sendiri asumsi saya mungkin SCO tidak akan mendapatkan notice dan bisa saja tidak bisa menikmati fasilitas ini. 

Jika proses pendaftaran kampus saja sudah dianggap luar biasa, tunggu dulu! Itu belum seberapa. Bukan hanya Australia Awards membantu proses pendaftaran kampus, tetapi juga membantu awardee untuk menentukan pilihan. 

Banyak kasus ketika proses pemilihan kampus awardee bingung menentukan pilihan. Informasi di website kampus memang bisa dijadikan acuan. Tetapi terkadang tampilan website yang membingungkan bisa membuat calon mahasiswa kehilangan informasi penting. Untuk menghindari hal tersebut Australia Awards menyediakan satu hari khusus yang disebut University Information Day, dimana representatif kampus-kampus yang ada di Australia dihadirkan disatu lokasi (dalam hal ini Ballroom Ayana Hotel) dan awardee bisa berkonsultasi langsung dengan kampus-kampus tujuan. Setiap awardee diwajibkan berkonsultasi minimal dengan 5 universitas.

Mengerti bahwa ada kemungkin awardee bingung harus mengintrogasi apa saja kepada representatif kampus, di hari jumat sebelumnya awardee sudah dibekali sesi persiapan bertemu dengan represetatif kampus oleh professional college couselor Victor Callan. Bahkan dihari yang sama Victor Callan juga standby dilokasi dan membuka sesi counseling. 

Saya sendiri memilih untuk berkonsultasi dengan 5 kampus: UQ, Unimelb, Usyd, ANU dan UNSW. Bukan urutan berdasarkan preferensi. 

Apakah setelah konsultasi membantu saya dalam menentukan pilihan? Tentu saja! Apakah ada teman-teman yang tambah bingung? Pasti ada. Karena kampus di Australia memang menawarkan program dan keunggulannya masing-masing. Kalau masih bingung bagaimana? Tenang saja. Besok ada sesi khusus yang disebut post course counseling dimana para awardee yang masih bingung atau yang kemarin tergoda bukan karena kebutuhan pengembangan diri tapi tawaran-tawaran lainnya bisa kembali diberikan insight oleh Victor Callan. 

Pilihan saya apa? Let's wait and see! 

0 comments: